Saturday, June 4, 2011

TANDA HAMSTER SEHAT

Jika Anda membeli hewan tentu Anda berharap mendapatkan hewan yang sehat sehingga tidak cepat mati bukan? Berikut adalah tanda-tanda umum yang terlihat dari luar untuk hamster sehat :


Lincah, Segar dan "Matanya Bercahaya"
Mungkin ini ciri-ciri paling umum untuk mendeskripsikan "sehat" pada makhluk hidup. Tapi perlu diingat bahwa hamster adalah binatang nocturnal (binatang malam), ini artinya hamster baru terlihat lincah dan segar pada malam hari.
Jika Anda membeli hamster, usahakan pada waktu sore atau malam hari dimana hamster terlihat lincahnya. Pada waktu siang hari memang hamster terlihat selalu tidur dan bermalas-malasan karena memang siang hari adalah waktu istirahat bagi para hamster tersebut. Hal ini bukan berarti si hamster sakit tapi karena mengantuk.
Tapi walaupun begitu hati-hati terhadap hamster yang flu. Hamster dapat terserang flu dan flu pada hewan biasanya bisa mendatangkan kematian. Hamster yang terkena flu biasanya terlihat selalu mengantuk, tidur terus-menerus dan lemah. Tapi jika Anda membangunkan hamster tersebut, Anda bisa melihat kalau hamster itu biasa hidungnya lebih basah (sama seperti jika kita sedang pilek) dan sering bersin. Jika tanda-tanda ini tidak ada, hamster hanya mengantuk bukan sakit.


Kotoran Kering dan Baunya Tidak Menyengat
Teliti kandang/akuarium tempat hamster dipelihara dan perhatikan kotoran yang ditinggalkan di salah satu sudut kandang. Hamster yang sehat memiliki kotoran yang kering dan berbentuk oval memanjang dengan warna cokelat kehitaman.
Jika Anda berada pada jarak yang cukup dekat dengan kandang sekalipun seharusnya Anda tidak mencium bau kotoran atau bau pesing yang menyengat. Ini sama seperti manusia. Jika Anda sedang sehat dan tidak memiliki gangguan pencernaan, pasti kotoran Anda juga tidak bau menyengat. Berbeda ketika Anda sedang sakit tentunya, apalagi jika sedang terkena diare. Ini juga berlaku pada hamster.


Bulu Tebal dan Tidak Ada Benjolan Apapun
Hamster yang sehat pasti memiliki bulu yang tebal, tidak pitak dan tidak rontok. Anda juga harus memegang hamster tersebut untuk memeriksa apakah ada benjolan di tubuhnya atau tidak. Banyak hamster yang terkena tumor akibat salah penanganan, jadi pastikan hamster yang Anda beli tidak memiliki tumor. Tumor ini biasa berbentuk benjolan yang tumbuh di bagian-bagian tubuh hamster seperti di bagian samping atau perut.

No comments:

Post a Comment